Jeda Tengah Semester

IMG_20151005_091408
Suasana di Balai Desa Kauman

Memanfaatkan kegiatan jeda tengah semester setelah anak-anak penat menghadapi Ulangan Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 selama satu pekan kemarin (28 September 2015 – 3 Oktober 2015), hari Senin, 5 Oktober 2015 anak-anak mengikuti kegiatan pembelajaran luar kelas.

Pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan jeda tengah semester biasa diisi dengan kegiatan clasmeeting, yakni lomba-lomba antarkelas yang selain sifatnya santai, sekaligus digunakan sebagai ajang untuk mencari bakat dan potensi anak-anak dalam berbagai bidang. Lomba-lomba classmeeting yang biasanya diselenggarakan antara lain tenis meja, sepak bola, bulu tangkis, menggambar, ketangkasan dan lain sebagainya.

Dikarenakan masih ada proses pembangunan Gedung B MI Muhammadiyah Kauman dan banyak material bangunan yang ditempatkan di areal halaman madrasah, praktis tidak ada lahan tempat untuk kegiatan classmeeting seperti tahun-tahun sebelumnya. Sehingga berdasarkan rapat dewan guru dan karyawan, kegiatan classmeeting digantikan dengan kegiatan pembelajaran luar kelas dan dicukupkan hanya satu hari pelaksanaan.

Kelas VI dengan wali kelas dan guru pendamping akan melaksanakan kegiatan pembelajaran luar kelas di Pasar Wiradesa dengan tujuan pembelajaran mengenalkan lingkungan pasar dan mempraktikkan transaksi jual beli sesuai dengan materi pelajaran Fiqih kelas VI. Kelas V melakukan kegiatan di Pantai Depok, Siwalan. Kelas IV mengenal struktur kepemerintahan dan tugas-tugasnya di lingkungan Balai Desa Tratebang Wonokerto dan Kantor Kecamatan Wonokerto. Sementara kelas III dengan tujuan yang sama namun berbeda lokasi, yakni di Kantor Balai Desa Kauman Wiradesa serta mengenal kantor pelayanan publik di BP&RB PKU Aisyiyah Kauman Wiradesa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *