Bintang Laut Si Tukang Bersih-bersih Laut

Kalian tahu pastinya si bintang laut ya… Kalau di cerita spongebob squarepant hewan ini diperankan oleh si Patrick, si bintang laut berwarna merah muda.

Ya, ingatkan???? teman-teman, bintang laut ini tidak memiliki tulang belakang, sehingga tidak termasuk bangsa ikan. Bintang laut mempunyai lima lengan yang menjulur. Tapi ada juga yang lebih dari lima. Dan faktanya bintang laut tidak  bisa bertahan hidup di air tawar.

Bintang laut tidak memiliki tulang lhooo hanya ada rangka pelindung menyerupai mantel. Mantel itu cukup keras seperti baju perang. Bintang laut bergerak menggunakan tabung dalam tubuhnya. Terdapat ratusan tabung dalam tubuhnya yang memompa  air keluar masuk. 

Bintang laut mencari makan engan kaki tabung yang memiliki penghisap di ujungnya. Makanan bintang laut berupa karang hidup, ikan mati, lumut dan sisa-sisa makanan. Hal ini kenapa bintang laut di sebut sebagai si tukang bersih-bersih laut.

Musuh bintang laut yaitu kepiting, harlequin shrimp (sejenis udang), ikan buntal dan ikan trigger, serta siput parasit.

Di wilayah pantai bintang laut biasanya terlihat di celah-celah bebatuan atau lubang pasir, di sanalah ia berlindung dari pemangsa.

Bintang laut bisa regenerasi lhoooo. artinya, jika lengannya putus ia bisa tumbuh lagi. Pertumbuhannya membutuhkan waktu hingga satu tahun.

Bintang laut berkembang biak dengan membelah diri dan bertelur. Semakin tubuhnya terbelah, jumlah bintang lautpun akan semakin banyak. Dan untuk telur-telur yang sudah siap menetas, akan dikeluarkan ke laut oleh si induk.

Seru kan ceritanya.. terdapat banyak keunikan dari si bintang laut. Ayuk baca bukunya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *