Hindari Cacingan, Siswa MIM Kauman Minum Obat Bersama

Sebanyak 457 siswa MI Muhammadiyah Kauman minum obat cacing bersama-sama di madrasah pada hari Senin, 29 Januari 2024. Hal itu mencegah siswa terkena penyakit cacingan. Pukul 08.00 WIB sejumlah 6 petugas puskesmas sudah siap di kelas. 

“Kegiatan minum obat bersama ini sebagai bentuk pengawasan dan pengendalian penyakit cacingan. Sebab terkadang siswa diberi obat untuk diminum di rumah, namun prakteknya obat itu tidak diminum”. kata Tina Yuni P salah satu petugas dari unit  puskesmas Wiradesa.

Sebelum obat cacing diberikan, petugas puskesmas menjelaskan terlebih dahulu kepada anak-anak, bahwa penyakit cacingan bisa membuat anak-anak anemia dan kurang gizi sehingga tumbuh kembangnya akan terganggu. Selain minum obat cacing, para siswa juga diajak untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan dan setelah dari kamar mandi.

Selain minum obat cacing bersama, ada juga penjaringan kesehatan yang dilaksanakan oleh petugas puskesmas, bagi siswa kelas 3 sampai dengan 6. Berupa pemeriksaan mata, gigi dan telinga. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *