Pemberian Obat Cacing dan Gosok Gigi Siswa Siswi MIM Kauman Bersama Puskesmas Wiradesa

Program Pemberian Obat cacing pada anak adalah salah satu Program Pemerintah yang wajib dilaksanakan. Idealnya pemberian obat cacing dilakukan satu tahun 2 kali, atau enam bulan sekali, Pemberian obat cacing bertujuan untuk membebaskan atau menurunkan angka penyakit kecacingan pada anak usia prasekolah dan anak usia sekolah melalui pemberian obat cacing terintegrasi.

Pada hari ini, Selasa, 17 September 2024 Pemberian obat cacing untuk siswa-siswi MI Muhammadiyah Kauman telah dilaksanakan oleh petugas Puskesmas Wiradesa. Target pada kunjungan puskesmas hari ini yaitu kelas 1 sampai dengan kelas 4 sejumlah  324 siswa. 10 siswa diantaranya izin tidak berangkat karena sakit dan suatu hal. Obat cacing tetap diberikan besoknya bila siswa tersebut sudah berangkat sekolah kembali.

Selain pemberian obat cacing, petugas puskesmas juga melaksanakan penjaringan kesehatan untuk siswa kelas 1 dan 2. Kegiatan dilaksanakan di kelas masing-masing, petugas berkeliling mendatangi kelas – kelas tersebut. Adapun pemeriksaan meliputi pemeriksaan mata, gigi dan telinga. Ada juga kegiatan praktek menggosok gigi yang baik dan benar untuk kelas 1 yang bertempat di halaman. Petugas memberikan pengarahan terlebih dahulu, kemudian anak-anak mempraktikan secara langsung dengan alat dan bahan dari rumah yaitu sikat gigi dan pasta gigi.

Kegiatan berlangsung lancar sampai dengan waktu dhuhur tiba. “Harapan kami, dengan kegiatan kesehatan pada hari ini, siswa-siswi MI Muhammadiyah Kauman menjadi lebih semangat untuk menjaga kesehatan agar terciptanya  kenyamanan dalam belajar” Tutur Djoko Susilo, S.Pd.SD selaku kepala MI Muhammadiyah Kauman Wiradesa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *